Program Inovasi Desa, Tingkatkan SDM dan Ekonomi Warga

Kegiatan Desa Komoditas Pekon Potensi Wisata

Untuk mendorong optimalisasi pembangunan desa melalui Dana Desa, Kementerian Desa PDTT meluncurkan Program Inovasi Desa (PID). Bupati Pringsewu Sujadi selaku pembina Program Inovasi Desa Kabupaten Pringsewu, membuka rangkaian kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Pringsewu Tahun 2018, bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Kuncup Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu.

Program ini lahir karena banyak desa dianggap belum memiliki kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama kapasitas aparatur desa dan masih lemah dalam kemampuan tata kelola desa. Program yang bakal menerjunkan tenaga pendamping ini bermaksud membantu aparat desa dan warga desa mempercepat peningkatan kesejahteraan desa.

Bukan rahasia lagi, hingga saat ini banyak desa yang mengalami keterbatasan kapasitas alias dianggap belum mampu mengelola dana desa untuk menciptakan kesejahteraannya. Kemampuan yang belum memadai itulah yang menimbulkan kekawatiran dana desa yang jumlahnya besar itu akhirnya habis tanpa menghasilkan kemajuan yang berarti. Itulah alasan PID lahir. Seperti apa bentuk program inovasi desa ini?

Pemerintah bakal menyediakan tenaga pendamping professional dari mulai Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa sampai Tenaga Ahli di tingkat pusat. Beberapa agenda yang bakal dilakukan dalam PID adalah penguatan kewirausahaan yang diprakarsai BUMD, menemukan formulasi produk unggulan dan berbagai peningkatan ekonomi desa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *